Selasa, 09 Desember 2014

Mengetahui Lebih Dekat Tipe Kepribadian Koleris

KOLERIS


Orang koleris merupakan orang yang sangat dominan, dan memang orang koleris jika diartikan ke bahasa indonesia artinya adalah dominan. Orang koleris sangat tegas dalam cara bicaranya. Orang tipe ini tidak suka basa-basi. Baginya hanyalah yang penting-penting saja. Ia lebih menyukai obrolan yang to the point(langsung ke intinya).





Dalam organisasi ia memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi. Ia merupakan orang yang suka memberikan saran-saran positif bagi organisasi dan timnya, dan cenderung bukan orang yang pendiam. Orang-orang koleris merupakan orang yang suka dengan kontrol, perintah dan kendali. Baginya segala sesuatu harus berjalan sesuai keinginannya, dan jika tidak maka ia akan langsung mengutarakan keberatannya tersebut. Ia tidak menyukai orang yang berada di atas posisinya, dan orang koleris cenderung ingin menjadi pemimpin.
Di balik kelebihan-kelebihan orang koleris, ada sesuatu yang menjadi momok/musuh bagi orang dengan karakter ini yaitu emosinya yang meledak-ledak. Orang koleris sangat mudah marah, apalagi jika ada seseorang yang memancing kemarahannya. Ia juga mudah marah jika sesuatu berlangsung tidak sesuai dengan harapan dan cara-caranya.

Namun karena sifat selektifnya ini orang koleris sering disebut si cuek, karena memang cueknya luar biasa. Sekali lagi, cueknya orang koleris bisa bersifat positif maupun negatif, tergantung konteks situasi dan kondisinya.


Pernahkah Anda bertemu orang seperti ini? Atau barangkali Anda sendiri seperti ini? Orang-orang di golongan ini biasanya mudah berada di puncak kepemimpinan, karena memang ia sudah ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. Entah bagaimana alasannya, seakan-akan mereka memang berbakat untuk menjadi pembicara yang ulung. Orang-orang ini kerjanya sangat cepat, dan tidak suka berbelit-belit.



Orang-orang di karakter ini memiliki sorot mata yang tajam. Ingin melihat bagaimana sorot matanya? Seperti

inilah kira-kira.




Sebenarnya jika Anda sudah sering mempraktekkan kemampuan membaca karakter seseorang dari wajahnya, maka Anda akan langsung tahu, orang-orang dengan sorot mata tajam seperti ini adalah orang koleris.
Jika Anda masih sulit mengenali mereka melalui ekspresi mukanya, maka Anda bisa ketahui dari pola pembicaraan antara Anda dengannya. Saat Anda pertama kali bertemu dengan orang koleris, maka mereka umumnya selalu memulai pembicaraan terlebih dahulu. Dan tahu apa yang mereka bicarakan pertama kali? Adalah diri mereka sendiri.

Orang koleris menyukai diri mereka sendiri. Dan bagi mereka, diri merekalah orang yang paling pantas dibanggakan, dan mereka menganggap diri mereka selalu benar. Mereka biasanya memulai pembicaraan tentang prestasi-prestasi yang pernah mereka capai, dan menganggapp prestasi orang lain biasa-biasa saja. Apapun yang menarik bagi mereka adalah bagaimana mereka tampak menjadi orang yang paling hebat.

Anda pernah ketemu orang yang ketika bertemu Anda, dia sering sekali menasehati Anda? Yak benar, orang koleris memang suka menasehati. Orang koleris merasa senang jika dia bisa memberi tahu kepada orang lain, apa yang harus orang lain itu lakukan. Mereka harus menjadi yang paling benar, dan jika Anda tiba-tiba dinasehati oleh mereka (bahkan sering) maka bersabarlah, karena memang seperti itulah karakter dasar mereka.

Setiap sifat maupun karakter itu memiliki maksud yang positif. Jadi misalnya Anda bertemu dengan orang koleris, kemudian orang itu selalu menasehati Anda, maka pada dasarnya itu bukanlah sifat yang negatif. Karena dari sudut pandang orang koleris tersebut, baginya dapat memberitahu sesuatu yang benar kepada orang lain adalah hal yang sangat positif dan harus dilakukan. Oleh karena itu kita harus mampu memahami karakter-karakter ini, sehingga dengan siapapun kita bertemu nantinya, kita dapat memahami maksud dari perilaku orang lain terhadap kita. Dan tentunya jangan sampai kita hanya berpikir sepihak saja, pahami perilaku orang lain, maka orang lain akan lebih mudah memahami kita.

Sekarang mari kita bahas, bagaimana cara komunikasi yang dahsyat menghadapi orang koleris ini? Orang koleris adalah orang yang paling tidak suka didebat, ia lebih mengharapkan jawaban “IYA” dari lawan bicaranya. Oleh karena itu apapun yang ia katakan, maka jawablah “iya”, atau jika Anda tidak setuju dengan pendapatnya, maka Anda sekedar mengikuti pembicaraan saja seperti “oh gitu ya..”, “hmmm...” dan sebagainya yang semakna.

Orang koleris harus menjadi pusat pembicaraan, dan usahakan ia berada di depan dalam fokus pembicaraannya. Ia suka memulai pembicaraan, dan yang sering ia bahas adalah dirinya sendiri, ataupun prestasi-prestasinya, keluarganya dan semua yang berfokus pada dirinya. Apa yang harus kita lakukan? Ya cukup didengarkan dengan seksama. Orang koleris senang dengan teman bicara yang mendengarkan dirinya berbicara, apapun yang dibicarakan. Oleh karena itu kalau Anda cermati seksama, hampir semua sahabat orang koleris adalah orang plegmatis (dibahas kemudian).

Nah jika orang koleris sudah senang dengan kita (biasanya ditandai dengan ia mulai mendengarkan perkataan kita), maka kita dapat memberikan masukan-masukan ide, atau arah tujuan pembicaraan kita. Dalam istilah ilmu NLP ini kita sebut dengan leading. Pada kondisi ini biasanya orang koleris mau mendengarkan Anda, menerima saran Anda, bahkan mau membantu Anda.

Menguasai dan menaklukkan manusia kepribadian koleris memang tidak mudah. Dengan kecenderungan mereka yang selalu ingin memegang kendali, Anda akan sering terbentur dengan mereka dalam beberapa kepentingan, bahkan ketika Anda sudah menjadi sahabatnya.

Adapun cara menaklukkan kepribadian koleris sedikit berbeda antara pria koleris dan wanita koleris. Ini bukan karena adanya perbedaan sifat dasar antara mereka, tapi karena adanya perbedaan peran gender. Peran gender yang berlaku di masyarakat (bahkan masyarakat modern) tidak bisa menepis perbedaan peran masing-masing gender. Walaupun terlahir dengan bakat dan ambisi untuk memimpin,  wanita masih tetap sadar akan kodratnya untuk hidup dipimpin pria dan pria sadar akan kodratnya untuk hidup memimpin wanitanya. Ini adalah kodrat yang sama dengan wanita yang mengenakan rok dan pria yang mengenakan celana panjang: kodrat mendasar yang takkan berubah seiring kemajuan zaman.
Langsung saja kita bahas cara menaklukkan para pemimpin ini:

1. Jangan Patahkan Argumentasi Mereka


Poin pertama ini bisa diaplikasikan kepada wanita maupun pria koleris. Manusia berkepribadian koleris sangat peka terhadap hal-hal yang berbau kompetisi karena kecintaan mereka terhadap kemenangan. Sebuah perdebatan kecil saja bisa mereka anggap sebuah perdebatan besar yang mempertaruhkan hidup matinya! Perdebatan bagi mereka tidak relevan dengan kebenaran, tapi dengan kemenangan. Dengan menempatkan diri Anda pada pihak mereka, Anda sudah selangkah lebih maju dalam memenangkan hati mereka.

Ini tidak berarti menjilat. Anda tidak perlu memvalidasi argumentasi mereka. Anda hanya perlu mendengarkan dan mengiyakan. Jangan berusaha mematahkan argumentasi mereka bahkan jika Anda tau persis fakta yang Anda katakan. Sekali lagi, perdebatan bagi mereka bukan soal kebenaran. Biarkan mereka tetap mendominasi perdebatan untuk memenangkan hati mereka.


2. Menanggapi Dominasi Mereka Berdasarkan Gender


Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, cara menghadapi dominasi koleris berbeda berdasarkan gender mereka. Berikut ini caranya:

Terhadap Pria:Tidak ada pilihan lain selain tunduk. Bagi pria koleris, tidak ada dua macan yang bisa tinggal di bukti yang sama. Dalam artian, ketika dia merasa berada di daerah teritorial yang ia kuasai (misalnya ketika ia adalah atasan Anda), bahkan dalam pergaulan sehari-hari dengan Anda pun ia akan menunjukkan dominasi. Tidak seperti kepribadian melankolis yang cenderung melakukan segalanya sendirian, koleris memiliki kecenderungan lebih besar untuk mendelegasikan urusan mereka ke orang lain sehingga mereka tidak perlu melakukan apa-apa kecuali mengawasi. Dalam proses ini, Anda mungkin saja bisa menjadi pesuruh sang koleris apalagi bila terdapat jurang sosial yang jauh antara Anda.

Menguasai pria koleris tentu tidak sulit bagi wanita. Karena bahkan dengan tangan besinya, pria koleris dapat diluluhkan dengan sifat manja dan godaan wanita (well, seperti kebanyakan laki-laki). Tapi bahkan sebagai wanita, jangan pernah mendikte seorang pria koleris untuk melakukan ini dan itu. Mereka sangat sensitif dengan hal-hal yang berbau perintah terhadap mereka, bahkan jika Anda cuma bilang “makan dulu sana”. Serahkan diri Anda pada dominasinya dan Anda pun akan memenangkan hatinya.


Terhadap WanitaBerbeda halnya dengan pria, peran gender tetap membuat wanita koleris cenderung mencari pria yang dominan. Wanita koleris suka mengatur dan sangat terorganisir, dan untuk menguasai hati mereka Anda harus menunjukkan bahwa Anda lebih teratur dan lebih terorganisir.

Contoh kecil saja. Misalnya Anda dan seorang wanita koleris sedang berkencan dan mendatangai satu restoran yang sedang penuh sesak. Hanya ada beberapa pilihan meja kosong di hadapan Anda. Jika Anda ragu dan terlalu lama memilih, sang wanita koleris akan memilihkan meja untuk Anda berdua. Tapi dengan begini, hilang sudah ketertarikannya kepada Anda. Dalam alam bawah sadarnya ia sudah mencap Anda sebagai sosok pria yang tidak bertanggungjawab. Jangankan untuk mendominasi dirinya, Anda bahkan tidak dapat menentukan pilihan meja untuknya. Tapi ketika Anda dengan mantap memutuskan dengan cepat meja mana yang akan Anda berdua gunakan, sinyal yang sebaliknya Anda kirimkan kepada sang wanita koleris. Bahwa Anda seorang sosok pria yang memiliki dominasi terhadapnya dan mantap dalam menentukan keputusan. Ini kecocokan awal yang bisa Anda andalkan untuk memenangkan hati sang wanita koleris.

Tapi perlu Anda ingat bahwa ada garis imajiner yang membatasi dominasi Anda terhadap wanita koleris. Mereka suka ketika Anda dengan tegas memutuskan dan memperlihatkan dominasi Anda, tapi tanpa melewati garis imajiner ini. Garis imajiner ini terlentang antara kepentingan Anda berdua dan kepentingan pribadi sang wanita. Masih bingung? Seperti ini contohnya.

Memutuskan di meja mana Anda berdua akan makan, itu bagus. Memutuskan menu apa yang sebaiknya ia pilih itu salah. Ini tetap salah bahkan jika Anda melakukan itu untuk membantunya dalam proses dietnya atau apapun niat baik Anda. Memutuskan pukul berapa Anda dan dia mendatangi sebuah acara itu bagus. Tapi memutuskan apa yang sebaiknya ia kenakan itu salah. Walaupun niat Anda hanya untuk berpakaian yang kompak dengannya. Batasan yang perlu Anda jaga adalah tidak mengambil keputusan yang hanya melibatkan kepentingannya seorang dan bukan kepentingan Anda berdua.
Demikian cara untuk menaklukkan kepribadian koleris. Hanya perlu Anda ingat bahwa dengan menguasai kepribadian koleris tidak akan membuat sifat dasarnya menghilang, bahkan kepada Anda. Kepribadian yang cocok dengan koleris adalah plegmatis dan melankolis yang cenderung membutuhkan orang lain untuk mengambil keputusan. Jika Anda tidak masalah harus berurusan dengan aturan-aturan yang dibuat oleh seorang koleris terhadap Anda, silahkan saja. Tapi jangan bilang saya tidak mengingatkan Anda :)

Mengetahui karakteristik dari seorang wanita adalah hal yang sangat penting bagi Anda, karena dengan mengetahui tipe-nya berarti Anda sudah selangkah lebih maju dalam proses pendekatan Anda. Selain itu mengetahui tipe wanita akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan hal-hal yang Anda butuhkan untuk menaklukkan hati wanita. Ada beberapa tipe wanita salah satunya adalah tipe wanita koleris. Seperti yang kita ketahui orang bertipe koleris adalah orang yang memiliki jiwa kepemimpinan besar dan berkemauan kuat. Hal tersebut umumnya juga sama dengan tipe wanita koleris, wanita berkarakter koleris merupakan seorang wanita yang dapat menjadi pemimpin yang mampu menatap jauh kedepan dan juga merupakan seorang wanita yang sangat mandiri, tegas, memiliki visi misi yang sangat kuat. Bahkan jika ia menhadapi sebuah masalah yang berat ia akan dengan mudah untuk keluar dari masalah tersebut karena ia mampu untuk memutuskan tindakan apa yang harus ia lakukan.


Namun dengan segala kelebihannya sebagai seorang pemimpin, wanita berkarakter koleris juga memiliki beberapa kelemahan seperti sangat mendominasi dalam berbagai aspek termasuk dalam hubungan asmara, sering memanfaatkan orang lain, susah untuk memaafkan dan juga memiliki gaya kepemimpinan yang berlebihan. Dengan semua gaya kepemimpinan tersebut terkadang membuat banyak pria yang merasa bingung bagaimana cara menaklukkan wanita koleris, berikut ulasannya.



Tips Menghadapi Wanita Koleris


Untuk menaklukkan wanita koleris sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sangat sulit, yang jelas Anda tahu bagaimana caranya untuk mengambil tindakan atau bersikap. Meluluhkan hati wanita tipe koleris Anda harus memposisikan diri Anda setara dengan dirinya baik itu dari segi kepemimpinan atau kemauan yang keras, karena wanita koleris sangat tidak menyukai pria yang lemah. Wanita tipe ini sangat menyukai pria yang cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas, tapi jika Anda berniat untuk memuji keecantikan atau penampilannya, sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut karena wanita koleris tidak akan mempan dengan rayuan ataupun pujian. Jika Anda ingin memujinya, pujilah tujuan hidupnya yang telah berhasil ia capai dengan begitu ia pun akan menaruh rasa respect dan simpati pada Anda dan tentunya dengan berjalannya waktu ia pun akan memberikan hatinya pada Anda.



Orang koleris dikenal sebagai orang yang keras, tegas, dan sangat menuntut. Selain memiliki energi yang besar untuk melakukan hal-hal yang sulit, mereka juga memiliki dorongan dan keyakinan yang kuat akan kemampuan diri mereka. Mereka pantang menyerah. Tidak ada yang namanya “kegagalan” dalam kamus mereka. Bila mereka gagal, mereka akan terus mencoba dan mencoba lagi. Dan siapun yang mencoba menghalangi niatnya untuk mencapai tujuan akan dianggap sebagai musuhnya.



Orang koleris percaya bahwa mereka dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Dalam setiap kegiatan, orang koleris akan selalu tampil di depan dan menjadi pemimpin kelompok. Ini merupakan dorongan alamiah bagi seorang koleris. Mereka adalah orang yang suka dan sangat tertantang untuk melaksanakan suatu tugas besar. Mereka sangat suka mendapat peran sebagai pemimpin dan pemegang wewenang.

Selain memiliki energi yang besar, mereka juga berpikir dengan cepat. Mereka cepat dalam mengambil keputusan. Orang koleris tidak bisa diam. Mereka selalu saja mencari suatu pekerjaan, kegiatan, atau proyek untuk dikerjakan. Berdiam diri bagi mereka adalah suatu tindakan yang sangat menyia-nyiakan waktu dan sangat bodoh. Kekuatan ini membuat mereka mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus dengan hasil yang sama baiknya. Lingkungan yang penuh dengan keterlibatan dan tantangan akan menjadi lingkungan yang dapat mengasah kemampuan seorang koleris hingga tingkat yang optimal.


Selain berbakat sebagai pemimpin, orang koleris sangat dinamis dan aktif serta sangat membutuhkan perubahan. Bila mereka melihat suatu kesalahan, maka walaupun tidak diminta, mereka pasti merasa perlu ikut memperbaiki kesalahan itu. Hal itu disebabkan oleh rasa tanggung jawab mereka, meskipun belum tentu orang yang melakukan kesalahan itu senang dengan koreksi yang dilakukan oleh orang koleris. Jumlah orang koleris dalam masyarakat tidak terlalu banyak, hanya sekitar 10 % dari total populasi.

Orang koleris mempunyai kebutuhan mendasar berupa tantangan, pilihan, dan pengendalian. Mereka akan sangat termotivasi untuk melakukan sesuatu bila ketiga komponen ini terpenuhi. Dalam pekerjaan, orang koleris selalu berorientasi pada target yang harus dicapai. Bila menghadapi masalah, maka mereka akan selalu mencari pemecahan yang praktis. Yang penting bagi mereka adalah hasil akhir. Tidak peduli bagaimana caranya, yang penting target bisa tercapai. Mereka juga tidak suka pada orang yang kerjanya lamban atau berbicara tidak langsung ke sasaran ( to the point ). Bagi mereka ini adalah hal yang bodoh dan pemborosan bagi waktu mereka yang berharga.


Sebagai orang tua, orang koleris merupakan contoh pemimpin ysng kuat dan mandiri. Mereka biasanya tahu jawaban yang benar dari suatu pertanyaan dan pandai mengatur rumah tangga.

Orang koleris dalam bertindak selalu memastikan bahwa mereka pasti benar atau menang. Bila harus melakukan perdebatan, mereka pasti akan menyiapkan diri dengan baik. Persiapan diri ini penting agar mereka bisa memenangi perdebatan atau diskusi yang akan mereka lakukan.
Keyakinan diri dan kekuatan yang dimiliki oleh orang koleris membuat mereka unggul dalam keadaan dadurat yang membutuhkan kecepatan berpikir dalam mengambil keputusan. Kemampuan alami orang koleris ini membuat mereka mampu menyelesaikan sendiri hampir semua masalah sehingga mereka jarang membutuhkan bantuan orang lain.


Orang koleris juga jarang atau hampir tidak pernah menangis. Mereka juga jarang memberikan perhatian yang hangat. Mereka menunjukkan rasa sayang dan perhatiannya dalam bentuk membeli atau menghasilkan ”sesuatu” bagi orang yang mereka cintai.


1. Kekuatan Pribadi Koleris


Orang koleris selain memiliki keinginan yang sangat kuat, juga cenderung sangat yakin pada kemampuan diri mereka sendiri serta sangat mandiri. Mereka tidak suka diperintah oleh orang lain, tetapi suka memberikan perintah. Jika mereka menjadi pemimpin, mereka paling tidak suka orang yang plinplan, banyak bicara, tetapi tidak produktif.


2. Kelemahan Pribadi Koleris


Sebenarnya kelemahannya tidak ada; yang ada adalah kekuatan yang digunakan secara berlebihan. Keinginan mereka untuk menjadi nomor satu adalah hal yang alami bagi mereka. Ini tidak berarti bahwa mereka egois, tetapi ini lebih disebabkan oleh dorongan perasaan bahwa kalau mereka sudah mendapat posisi atau keadaan yang baik, maka mereka akan dapat membantu orang lain dengan lebih baik.

Mereka juga sering terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaan atau superioritasnya. Sekali lagi, sebenarnya, mereka tidak bermksud demikian, tetapi ini disebabkan mereka ingin lebih menunjukkan kepercayaan dirinya.
Orang koleris terkadang kurang bijaksana. Dalam bertindak, mereka seringkali menjadi sangat marah terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang mereka anggap bodoh. Dan kalau sudah marah, mereka bisa sangat kasar dalam berbicara. Mereka dapat menghancurkan Anda hanya dengan menggunakan kata-kata.
Walaupun orang koleris penuh temperamen, mudah marah, mereka juga mudah memaafkan orang lain. Mereka juga bisa dengan mudah melupakan kemarahannya. Sering terjadi, sementara orang di sekitarnya masih bingung dengan apa yang terjadi, orang koleris sudah lupa apa yang tadi membuatnya marah.


Nahh.. itulahh beberapa hal tentang tipe kepribadian koleris.. jika anda sudah mengetahui tipe kepribadian seseorang maka anda akan lebih bisa untuk menghadapi orang itu sesuai karakternya masing-masing..

Semoga bermanfaat ^^

56 komentar:

  1. Dapet pencerahan nih. Makasih mbak Dian, tulisannya keren bgt.

    BalasHapus
  2. orang koleris sebeneranya tidak punya kelebihan dan hanya punya sejuta kekurangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang anda katakan sangatlah salah! Buktinya saya sangat banyak mempunyai kelebihan.

      Hapus
    2. Enak aja mau adubkuat sini...

      Hapus
    3. Enak aja mau adubkuat sini...

      Hapus
    4. Ngaca donk liat2 dlu..kelebihan dan kekurangan setiap manusia pasti ada..tergantung manusia nya aja lagi ngasah kemampuan nya untuk nonjol kan kelebihan nya td bagaimana..

      Hapus
    5. Duhilah wkwk jadi pen ngakak bacanya sebenarnya dengan anda yg menyatakan seperti ini menunjukan bahwa anda adalah seorang koleris tulen.

      Hapus
    6. @Mohamad sandi
      Anda belum tau aja kalo orang koleris memimpin ,anda sepertinya bukan orang koleris .

      Hapus
    7. Orang koleris banyak mendzalimi orang lain dengan ambisinya ia mewariskan sifat iblis dalam dirinya semoga saja orang koleris di azab atas kesombongan dan arogan nya amin....

      Hapus
  3. Saya wanita koleris yang tidak suka dengan orang yang berbeli-belit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello ola nak tanya soalab boleh?wanita koleris ni apa beza cara melayan lelaki yang disukainya dengan lelaki-lelaki lain?tolong jawab please

      Hapus
    2. hmmmmm, wanita koleris menurut ane sih gak bagus, soalnya kalo berhubungan mereka selalu saja yang dibicarakan tentang kesuksesan dan bla..bla..bla! terkadang gw yang mendengarnya suka muak juga! lantaran perkataan mereka tidak sesuai dengan skill yang mereka miliki, al hasil, gw yg mendengar seolah olah mendengar sebuah kebullshitan lantaran apa yang mereka bicarakan tidak di iringan dengan skill yang signifkan! ibarat kata kaya model model MLM, banyak janji, tapi pada kenyataannya nggak! PonZi scheme! kali yah, gambaran yang tepat!

      Hapus
    3. Itu tantangan broo..kalo bisa dapet mantep..

      Hapus
    4. Ya kan gampang intinya. Kalo gk suka cewek koleris. Tinggal cari cewek dngan kepribadian lain. ��hidup lu aja yg ribet. Cewek koleris jga kagak demen sama laki yg ribet cuma bisa nyalahin doang. �� kmu berkomentar seperti itu karna kmu merasa kalah atas kesuksesan yg di dpet si cewek koleris. Kalo pingin gk kalah, harusnya usaha sebagai laki harus lebih keras dong. Dengan seperti itu kmu gk bkal merasa tersaingi oleh cewek koleris. Simpel. ��

      Hapus
    5. Aku merasa koleris tulen. dr penhalaman, Penggunaan kekuatan yang berlebihan kadang bikin org yang gak ngeri maksud kebaikan kita jadi menjauh. Memang aku suka tantangan,perdebatan, kompetisi, dan petualangan. Gak suka orang plin plan, tidak suka dipuji kalau hanya muji fisik. Sebaliknya sangat bangga jika dipuji kesuksesan dan prestasi prestasi yang aku raih. Semangat para koleris. Allah mentakdirkan kita untuk memimpin.

      Hapus
    6. Wanita seperti anda bukan tipe para lelaki, ujung ujung nya yang ada berantem terus tiap hari. Karakter wanita yang disukai lelaki itu adalah wanita yang lemah lembut dan menyejukan bukan wanita yang keras kasar malah nambah nambah dosa. Sadar dong !!!!

      Hapus
  4. memang sih koleris sulit untuk mengeluarkan air mata tapi sebenarnya koleris itu sering mendapat tekanan batin, dan sosok yang sangat tegar/ kuat. Menurut saya sih gitu karena saya koleris. Terima kasih tulisannya, memberikan info baru ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bgt..
      kekuatannya didapat dr byknya tekanan dan masalah..

      Hapus
  5. Ambisi dan motivasi selalu diutamakan

    BalasHapus
  6. Ambisi dan motivasi selalu diutamakan

    BalasHapus
  7. makasih infonya ^^
    sesuai ama kepribadian aku sendiri OwQ

    BalasHapus
  8. Aku Melankolis..Prakteknya bersama pria koleris benar2 menguras hati dn pikiran,benar2 melelahkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha keadaan yang sama bro, sangat menguras hati, melelahkan, stress, koleris terlalu egois, gk mau mendengar, capek tapi mau gmna lagi.tiap bertengkar mereka gak mau mengatakan maaf slalu yg melankolis yang minta maaf hahaa

      Hapus
    2. Makan hati yah, orang koleris kerap senang mencaci maki orang lain

      Hapus
  9. Saya plegmatis. Dan betul2 sulit menghadapi pria koleris, kata2 sederhana dibpikir sampe terlalu jauh, gak mau kalah, dan selalu neken .. Bener2 melelahkan jiwa raga

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya orang plegmatis tuh senjata buat ngalahin koleris, karena orang orang plegmatis tuh kalo si koleris ngomong apa juga bodo amat, kalo kamu baper sama orang koleris berarti kamu bukan plegmatis, tapi kamu melankolis

      Hapus
    2. saya plegmatis tapi masa bodo pun tetep aja kata2nya nusuk ke jiwa..

      Hapus
  10. Setelah melakukan tes via internet, Saya mendapatkan hasilnya adalah Seorang Koleris,, Ya Setelah menemukan blog ini saya sangat yakin sekali hampir sepanjang penjelasan anda semuanya termasuk dalam karakter dan kepribadian Saya,, Saya Wanita Koleris.. Terimakasih atas penjelasannya ..

    Salam Hangat

    BalasHapus
  11. saat jadi ketua organisasi memang seperti ini, sampe di bilang rekan2 otoriter lah, hahaha, maunya merintah dan ngasih delegasi tugas sambil kontrol. bener2, serasa liat cermin sendiri.

    BalasHapus
  12. Sangat betul sekali saya tes sidik jari hasilnya koleris.
    Artikel diatas banyak cocoknya
    Prinsip saya dari dulu
    "INGIN SELALU MENJADI YANG NOMER 1 DAN TAK TERKALAHKAN"
    Saya suka sekali berdebat jika saya dipancing debat saya akan kejar musuh debat saya sampai dia kalah dan tidak bisa mengelak.
    Setelah saya sadari memang saya Kholeris TULEN.Dan saya paling benci diperintah diluar batas kemampuan saya bahkan sekaliber Pemimpin Perusahaan pernah saya DEBAT.

    Semua sifat ada kelebihan dan kekurangan tinggal kita yg harus mengembangkan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan paling benci di banding2in... Serta di komentarin

      Hapus
    2. saya dulu adalah salah satu koleris yang sangat kuat, tetapi lama2 saya sadari sesuatu bahwa orang orang didekat saya merasa tertekan ketika saya berada disisi mereka, saya sering mendikte, maka lalu saya memutuskan untuk merubah sifat itu, dalam 3 tahun tersebut hidup saya jadi kacau karena berusaha menjadi sesuatu yang bukan diri saya, tapi karna saya percaya Tuhan membantu dan karna saya juga tidak suka dibenci manusia, maka saya jalani konsekuensinya. akhirnya pelan2 saya kini berhasil menjadi plagmantis. karna saya pikir plagmatis tidak ada yang benci.

      Hapus
  13. Kok sama persis seperti Ebook saya ya?
    Harap tulis sumbernya admin kalau copy paste.
    Saya sebagai penulis original merasa dirugikan.
    Bisa kena UU Hak cipta!

    -MB Herlambang-

    BalasHapus
  14. Aku koleris πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. koleris memang dapat membuat perubahan besar pada dunia, tapi hanya melankolislah yang mampu membuatnya jadi indah.

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Saya percaya bahwa manusia memiliki sifat dasar, tapi jangan megkotakkan diri sebagai si ini si itu, terlebih membenarkan kekurangan-kekurangannya. Intinya berusaha menjadi manusia yang lebih baik. Yang mengenal diri sendiri, yang memahami orang lain, yang belajar dari lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus
  17. Saya pernah ikut tes kepribadian dan hasilnya saya koleris.. lewat penjelasan ini saya makin yakin kalo saya koleris 100persenπŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  18. Sekedar masukan aja buat rekan2 yg koleris πŸ™ setiap kepribadian ada kelemahan dan kelebihannya.
    Ortu sy dua-duanya koleris, tapi saya pribadi phlegmatis. Baru2 ini saya juga berhadapan dengan seorang wanita yang entah kenapa benci sama pribadi tipe melankolis.

    Sekedar masukan aja guys.. rekan2 koleris harus belajar bahwa ngga semua orang mekanismenya seperti rekan2. Ada kami para phlegmatis dan melankolis yang agak lebih lambat. Perlu tahu bajwa karakter orang beda2 😊 dan punya karakter itu bisa bawaan dan pilihan. Belum lagi Myers-Briggs nya. Personality is aacomplex matter. Hargailah 😊

    Kalo berhadapan sesama koleris, silakan langsung gaspol.
    Tapi kalo sama yg lebih lambat, perlu sesuaikan ya guys.. ini penting lho buat kedepannya

    BalasHapus
  19. Gua koleris, suka petualangan, suka debat, suka kompetisi dan melakukan segala cara agar menang, teman2 gua dari kecil sukanya sama yang ngikut gua. Kalo ada kelompok yg udah ada pemimpinnya, maka saya akan melepaskan diri dan membentuk kelompok baru dimana sy memimpin. Wkwkw, begitulah koleris. Target tingkat tiggi selalu.

    BalasHapus
  20. Gue koleris, bahkan ENTJA (the commander), emang bener si kalau buat aku pribadi nggak suka banget diatur ini itu karena menurut gue gue punya ukuran sendiri, dan gue gk suka yang ribet atau berbelit-belit, suka sama cekatan, absolutely bisa dibilang lincah. Suka ngasih ide, tapi gue juga bisa menerima masukan. Suka menasehati bener juga, tapi kalau ada masalah sendiri biasanya gue pendem sendiri. Dari kecil walaupun cewe gue sering dijadiin ketua kelas, ketua ekskul, ketua di tempat les, ketua kelompok, bahkan sampai memasuki dunia kerja juga sering dijadiin ketua..

    BalasHapus
  21. Halo, saya pria plegmatis.
    Saya pernah berhubungan dengan wanita koleris. Mungkin memang saling melengkapi sebagai sebuah pasangan, akan tetapi sering berbenturan tentang pandangan hidup dan percepatan. Sang satu pengennya cepet yang satu pengennya selow dan menikmati. Susah cari jalan tengahnya, alhasil mengorbankan diri sendiri. Jika dibandingkan berapa banyak kata maaf yang diucapkan, koleris 1kata maaf dan plegmatis 100kata maaf haha. Entahlah

    BalasHapus
  22. Bagaimana dengan korelis sama korelis jika mereka satu tim ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung orangnya... tapi yang saya alami... cocok kalau untuk berteman dari segi positive... jadi sama2 lincah, sama2 tepat, sama2 to the point... Mlh susah kalau ketemu sama sanginis yg lelet nyantai.... sama melankolis yg apa2 di buat baper... Mlh bikin kesel... bawaanya bikin ngomel mulu

      Hapus
    2. Paling sediakan saja ring tinju supaya ada tempat untuk bertanding

      Hapus
  23. Hanya psikopat yang dapat bersaing dengan koleris, ia akan menundukkan karakter manapun dalam keadaan yang tidak disadari, karena mereka dapat marah seketika dengan wajah tersenyum,karena psikopat adalah kepribadian predator yang sudah tidak dipedulikan Tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngeri psychopat bisa bisa menghabisi koleris yang arogan

      Hapus
  24. Saya koleris dan saya kagum dengan kepribadian2 lainny. Sya kagum dengam sanguinis yang selalu ceria, saya kagum dengan melankolis yang sangat peka dengan perasaan orang lain, saya kagum denga plegmatis yang super sabar dan mudah minta maaf walau dia tidak salah..dan saya ingin jd seperti mereka😁

    BalasHapus
  25. Saya seorang plegkolis
    Ngadepin koleris memang agak nguras emosi, kunci nya di 'iya in' aja udah beres.

    BalasHapus
  26. Saya Koleris dan sy mau berbagi sedikit, org koleris itu bukan ga bisa nangis, orang koleris itu didepan dunia terkenal sangat tegar, saking tegarnya banyak orang yang terpukau (kok bisa menghadapai masalah berat tapi bisa bangkit dan setegar itu) tapi sebetulnya dibalik ketegarannya ia menyimpan banyak rahasia, saat ia sendirian ia tertekan dengan masalah itu dan mencoba memotivasi diri, cari jalan dan merenung sendiri, mengumpulkan lagi segenap harapan untuk bangkit, dari segala masalah berat yang menimpanya lah yang buat dia terlatih untuk tidak cengeng di depan dunia.. Padahal ia sedih kok, manja kok, tapi pada kondisi tertentu dan porsi tersendiri.. Dan harus diingat juga dalan pribadi setiap orang tidak semuanya sepenuhnya 1 kepribadian mutlak, artinya orang yang korelis sudah pasti ia korelis tapi bisa jadi di dalam dirinya pun ada sifat2 kepribadian lain namun tidak mendominasi. ��

    Btw, Sya masih penasaran doi apa, melankolis kah, karena kok sy merasa dia cocok dg saya, dan sy susah cari yang cocok dg saya huhu dan statement di atas yang mengatakan bahwa cewe koleris kalo uda ditaklukan hatinya, bakal berubah 180° itu betul banget, saya begitu �� dan sya jujur ga suka sma yg pleghmatis, karena yg damai, terlampau santay, idup idup aja, ga punya tujuan pasti, dijalanin aja, visi/misi nya kurang jelas..yang begitu justru kok bikin saya muak sbg koleris hehe dan saya rasa cewe koleris mah ga cocok sma cwo pleghmatis, kalo cowo koleris mungkin ia cocok sma cewe koleris, mungkin paling betul itu cewe koleris cocoknya dg cowo Melankolis/koleris lagi. Guntreng guntreng sekalian ����

    Terimakasih kak sudah berbagi, sangat bermanfaat.. Mau saya kaji juga di blog saya ����

    BalasHapus
  27. Cowok ku koleris. Aku melankolis. Yg ada tekanan batin mulu.. Nangis2 darah mulu. Udh pke jurus extra sabar tp ttp aja ujung2nya mewek lg.. Huft

    BalasHapus
  28. Saya Sanguinis punya pacar seorang Koleris.. awalnya suka makan hati sama sikap dia yg suka banyak ngatur.. secara perlahan malah jadi kebalik..aku yg jadi ngatur dia walaupun nggak Sampe posesif...
    Intinya Koleris sama sanguinis juga cocok Ajah kok.. bahkan tiap berantem malah Koleris yg sering minta maaf,karena sanguinis sering pake jurus nangis...πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus